Senin, 05 Desember 2011


KREASI SAMPAH

Di zaman yang maju ini, makin banyak tekhnologi-tekhnologi yang canggih, dimana orang-orang makin maju dan semakin bersaing dengan ketat dalam kehidupan .

Tapi di samping itu ada satu hal yang tak bisa di hindarkan dalam kehidupan sehari-hari kita, yaitu SAMPAH. Sampah secara garis besar adalah barang yang sudah tidak layak untuk kita pakai lagi. Tapi di tangan orang-orang yang kreative,sampah bisa dijadikan sebagai hal yang sangat berharga dan bisa menjadikanya uang .

Dalam lingkungan sehari-hari sampah banyak di temukan dimana-mana,apalagi sampah rumah tangga yang di hasilkan tiap harinya yang berkisar 2 kantong kresek. Di tangan seorang ibu yang bernama Neneng,dia adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus guru di Smpn 1 bojong soang,dia bisa membuat murid-muridnya untuk kreative dan mandiri. Di temuinya tanggal 3 desember kemarin kami mencari informasi untuk mengetahui cara-cara membuat tas dari sampah bungkus kopi yang sudah seharusnya masuk tempat pembuangan sampah ibu neneng membuat bungkus kopi menjadi bebrapa karya, contohnya seperti tas,dompet, dll.

Untuk membuat sebuah dompet mebutuhkan sebanyak 130 bungkus kopi yang bekas,sedangkan untuk membuat sebuah di butuhkan bungkus kopi sebanyak 350 bungkus.



Untuk harga sebuah dompet berkisar seharga Rp. 15.000,00
Sedangkan untuk sebuah tas berkisar seharga Rp. 45.000,00

Tujuannya membuat tas dan dompet dari bahan sampah plastik kopi adalah untuk mengurangi sampah yang sudah banyak dan mengurangi lingkungan tercemar sekaligus juga mengurangi kerusak ekosistem. “Dari pada diam terbengakalai lebih baik kita sebagai generasi yang masih muda mulai mengurangi sampah dan mulai kreative dari mulai hal yang paling terkecil .

Gambar di atas
foto Bu Neneng dan beberapa muridnya

By : Neng Nia n.h , Ananda Yunia , Ridwan Arifin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar