Selasa, 06 Desember 2011

Sisa Sisa Yang Tak Lekang (Kreatifitas Sampah)


1.1 bagian depan toko pak Soeyatno
Betapa kreatifnya masyarakat di Indonesia ini,tapi hanya saja kurangnya apresiasi dari masyarakat itu sendiri .
Misalnya saja seperti kerajinan yang di buat oleh pak Soeyatno ini pria berumur 56 tahun,beliau sangatlah kreaatif beliau bisa membuat kerajinan dari barang yang telah terbuang ( sampah ). Beliau membuat kerajinan topeng tradisional ( wayang ) berbahan bubur kertas yang dilapisi oleh sobekan bardus .
1.2 kontruksi topeng yang belum jadi

Usaha pak Soeyatno ini di mulai dari tahun 90an hingga sekarang,namun yang disayangkan usaha pak Soeyatno ini mengalami penurunan akibat efek dari Krisis Moneter ( krismon ),selain harga bahan pendukung yang mahal peminatnyapun semakin sedikit.Usaha pak soeyatno pun tidak dapat berkembang pesat . 

1.3 barang barang yang digunakan
Bahan bahan yang digunakan pak Soeyatno adalah ( kardus/Koran yang sudah tak terpakai, lem, cat ) dalam pembuatannya pak Soeyatno tidak menggunakan cetakan topeng pada umumnya,dalam pembuatan topeng tersebut pak Soeyatno langsung membuat atau mencetaknya menggunakan system manual tanpa di bantu oleh cetakan atau mesin. Harga topeng yang di jual oleh pak Soeyatno berkisaran antara 15.000-60.000 tergantung kesulitannya. Anda bisa mendapatkanya di Jl.Ciwastra anda bias langgung menemukannya karna hanya ada satu pengrajin topeng disana . 



1.4.1 beberapa contoh topeng


1.4.2 beberapa contoh topeng


1.5 sisi lain dari toko pak Soeyatno




present by : aa cecep, achmad fauzi, agustianto (A3)"




2 komentar: